Medical News

Cerita, tips dan trik, pengetahuan seputar medis yang bermanfaat untuk Anda

Manfaat Utama Memelihara Hewan Kesayangan Anjing di Rumah

Anjing kecil yang lucu dan menggemaskan

Semangat pagi, salam sehat dan bahagia… Indonesia.

Kebahagiaan hidup dapat kita rasakan saat melihat semua anggota keluarga tampak lengkap, sehat, dan ceria. Kecukupan atas kebutuhan hidup sehari-hari. Ada rumah tinggal dengan halaman cukup, memiliki alat transportasi yang memadai, dan memiliki hewan kesayangan yang lucu dan menyenangkan seperti kucing atau anjing atau hewan kesayangan yang lain.

Anjing termasuk hewan kesayangan yang banyak dimiliki keluarga bahagia. Anjing juga dianggap sebagai salah satu hewan kesayangan yang sangat patuh dan setia kepada pemiliknya. Tidak hanya urusan membantu menjaga rumah dan sebaginya, namun hewan kesayangan anjing sering diyakini dapat menjadi kawan dan teman bermain yang sangat menyenangkan bagi pemiliknya. Karena itu banyak anggota masyarakat yang berkeyakinan bahwa memelihara hewan kesayangan anjing dapat bermanfaat untuk mendukung kesehatan keluarga, menjadi sumber kebahagiaan keluarga, khususnya dalam hal mengatasi kegalauan dan rasa stres karena dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, senang dan bahagia saat melihat kelucuannya. Masih adakah manfaat lainnya?

Menurut banyak sumber dan pendapat para pemilik hewan kesayangan anjing, keutamaan dan manfaat memelihara hewan kesayangan anjing di rumah selain dapat mengurangi stres dan kejenuhan pikir ternyata masih memiliki banyak manfaat, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menumbuh-kembangkan karakter mulia pada anak

Hewan kesayangan dalam kehidupan masa kini sudah dianggap sebagai anggota keluarga, semua memperhatikan, merawat, dan menyayanginya. Anak-anak pemilik hewan kesayangan anjing dapat menjadi lebih percaya diri dengan memiliki rasa tanggung jawab memelihara dan merawat hewan kesayangannya. Kepedulian dan kebiasaan melaksanakan tugas-tugas sederhana seperti memberi makan, merawat, dan mengajak anjing berjalan setiap hari. Adanya tanggung jawab dan peran aktif anak dalam memelihara hewan kesayangan ini  dapat menumbuh-kembangkan karakter empati, kebaikan, dan meningkatkan rasa kasih sayang anak-anak kepada makhluk hidup.

2. Menjadi lebih aktif, bugar, dan sehat

Tim Klinik Hewan KHJ Solo siap menemani jalan-jalan hewan kesayangan

Manfaat memelihara hewan kesayangan anjing dapat membuat seseorang tanpa disadari mengalami perubahan gaya hidup menjadi lebih aktif dan sehat. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan anjing yang suka berjalan atau berlari ke luar rumah. Banyak pemilik anjing yang ternyata mengikuti atau menemani kebiasaan anjing untuk berjalan-jalan atau berlarian di luar rumah ini dan pada akhirnya menjadi lebih aktif bergerak. Kebiasaan ini berdampak positif untuk kesehatan pemilik yang sering menemani jalan-jalan hewan kesayangan anjing sehingga secara otomatis dapat sambil berolah raga untuk menjaga berat badan yang ideal, mengatasi stres, membuat sirkulasi darah lebih lancar, membantu pembuangan racun melalui keringat, sekaligus membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

3. Meningkatkan keamanan lingkungan dan menenangkan pikiran

Anjing memiliki kepekaan yang tinggi dan sangat setia kepada pemiliknya. Jika mengendus kehadiran seseorang yang belum dikenalinya cenderung akan tampak gelisah bahkan menggonggong. Hal ini dapat menjadi indikasi tingkat keamanan lingkungan bagi pemiliknya. Karena itu, kadang alasan memelihara hewan kesayangan anjing juga untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungannya, dapat memberi banyak rasa aman, nyaman, dan menenangkan pikiran pada pemeliknya.

4. Menemani dan membantu Anda bersosialisasi

Tumbuh bersama hewan kesayangan anjing dapat membantu pemiliknya meningkatkan kemampuan bersosialisasi ketika anak-anak berinteraksi dengan hewan. Manfaat memeliharan anjing juga membuat anak lebih mungkin bermain lebih banyak ketika ditemani hewan peliharaan di rumah. Anggota keluarga juga cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi satu sama lain setelah mereka menyambut keberadaan hewan peliharaan di lingkungan keluarga.

Klinik Hewan KHJ Solo merawat dan melayani hewan kesayangan dengan cinta dan profesional

Banyak manfaat anjing bagi manusia. Jika Anda menyukai anjing, milikilah sebagai hewan kesayangan di rumah. Anda yang sudah memeliara hewan kesayangan anjing, tolong luangkan waktu untuk bermain bersamanya. Pelihara dan rawatlah anjing kesayangan Anda dengan baik. Jika ada masalah dengan hewan kesayangan, bersegeralah membawanya ke klinik hewan.

Insya Allah…  Klinik Hewan Jogja, KHJ Jogja maupun KHJ Solo, siap melayani perawatan kesehatan anjing kesayangan Anda. Klinik Hewan Jogja melayani dengan cinta dan profesional, buka setiap hari non stop 24 jam, dan siap antar jemput hewan kesayangan Anda dengan mobil ambulance khusus hewan. Semoga semua makhluk dapat hidup sehat dan merasakan kebahagiaan hidup.

Salam sehat dan bahagia…